PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI ANAK - ANAK

| Jumat, 09 Januari 2015
Disusun Oleh:
ENDAH WIDIYANINGSIH
KELAS : 1 / B




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
PACITAN
2014



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Teknologi informasi sudah ada sejak berabad – abad lalu dan masih terus berkembang hingga saat ini. Teknologi informasi merupakan salah satu hal yang tidak akan lepas dari kehidupan manusia. Teknologi ini dimanfaatkan oleh berbagai kalangan masyarakat untuk mencari sumber informasi dari seluruh dunia. Karena tanpa adanya teknologi informasi, manusia akan kesulitan untuk  saling berkomunikasi dan menyampaikan informasi. (Fitrihana, 2010).
Hartono (1990) mengungkapakan bahwa informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh organisasi sehingga jika suatu system kurang mendapatkan informasi maka akan menjadi luruh, kerdil dan akhirnya mati. Tidak mengherankan jika dewasa ini TI (Teknologi Informasi) berkembang demikian pesat. Berbagai hardware dan software telah tercipta dan tersedia dengan model dan harga sangat variatif untuk memenuhi kebutuhan informasi yang lengkap, akurat, cepat, tepat, mudah dan murah yang mampu menembus batas ruang dan waktu.
Internet merupakan sumber informasi global dimana seluruh komputer
tersambung ke dalam sebuah jaringan dan saling dapat tukar-menukar informasi.
karena sifat internet yang terbuka, maka ancaman dan gangguan juga akan semakin terbuka lebar peluangnya. Ancaman dan gangguan dapat terjadi terhadap sistem dan pengguna Internet. Acaman terhadap pengguna ICT atau Intenret lebih banyak kepada pengaruh mental dan moral pengguna. Misalnya, data elektronik memudahkan kita menyalin teks (proses copy) sehingga tugas-tugas yang diberikan guru merupakan hasil contekan teman lain atau inforamasi dari Internet. Masalah plagiasi karya tulis merupakan isu terbesar kibat adanya teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Selain itu, adanya berbagai macam situs hiburan serta layanan chating dapat memberikan dampak yang negatif bagi masyarakat, terutama bagi anak-anak. Koordinasi tawuran antar sekolah, dapat dilakukan dengan perangkat ICT dalam hal ini handphone.  (Marpanaji,2011).




1.2.Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang tersebut rumusan masalah yang dapat kita ambil adalah:     
1. Apakah dampak positif dan negatif teknologi informasi bagi anak-anak? 
2. Bagaimana cara menyikapi perkembangan teknologi informasi pada anak?
1.3.Tujuan 
1. Mengetahui dampak positif dan negatif teknologi informasi bagi anak-anak 
2. Mengetahui cara menyikapi perkembangan teknologi informasi pada anak


BAB II
PEMBAHASAN
2.1.  Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi Bagi Anak-Anak
Teknologi Informasi memiliki beberapa dampak bagi anak- anak. Dari hal tersebut dapat kita golongkan menjadi 2 golongan, yaitu dampak positif dan dampak negatif.
2.1.1   Dampak positif
1.      Membuat anak semakin tertarik untuk belajar
2.      Dapat menambah wawasan
3.      Memudahkan anak-anak untuk mendapatkan banyak ilmu tambahan lewat internet
4.      Dapat menjadi solusi bagi para orangtua yang memiliki anak yang merasa mudah bosan untuk belajar
Hal ini sesuai dengan pernyataan Arif (2011), adapun dampak positif teknologi internet terhadap anak anak antara lain : 
1.         Anak-anak dapat menggunakan perangkat lunak pendidikan seperti
program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah,
geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini
kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan
materi, sehingga anak semakin suka.
                     2.         Membuat anak semakin tertarik untuk belajar.
                     3.         Dapat menjadi solusi bagi para orangtua yang memiliki anak yang merasa
mudah bosan untuk belajar.
                     4.         Dapat menambah wawasan.
                     5.         Memudahkan anak-anak untuk mendapatkan banyak ilmu tambahan lewat
internet.
5.1.1   Dampak negatif
Berbagai dampak negatif dari teknologi internet telah kita ketahui, ketergantungan terhadap teknologi informasi khusuhnya penggunaan internet telah menyita banyak waktu bagi anak-anak ataupun remaja. Anak-anak ataupun remaja rela mengahabiskan waktunya dan bolos sekolah atau kuliah yang hanya untuk memainkan game online tersebut sehingga menyebabkan aktivitas sekolah atau perkulihanya menjadi terganggu. Selain itu adanya situs-situs yang ebrbau pornografi telah merusak akhal dan moral anak-anak.
Hal ini sesuai dengan pernyataan Arif (2011), adapun dampak negatif dari teknologi internet terhadap anak anak antara lain :
1.      Anak-anak bisa ketergantungan dengan teknologi informasi yang memadai
2.      Anak-anak bisa saja secara tidak sengaja mengakses situs-situs pornografi
3.      Anak-anak menjadi malas belajar
4.      Dapat terpengaruh kedalam pergaulan yang tidak baik karena kurang control dari teman ataupun dari orangtua
5.      Mengurangi sifat social manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung.
Rikiyanto (2011) menyatakan bahwa seiring meningkatnya pengguna internet, khusunya game online (pemain game), Seiring meningkatkan para gamers (pemain game) terutama remaja yang memainkan game tersebut rela mengahabiskan waktunya dan bolos sekolah atau kuliah yang hanya untuk memainkan game online tersebut sehingga menyebabkan aktivitas sekolah atau perkulihanya menjadi terganggu.
2.2.  Menyikapi perkembangan teknologi informasi pada anak
Memang tidak mudah menyikapi perkembangan teknologi informasi secara menyeluruh. Tapi alangkah baiknya sebelum seorang anak menggunakan hasil dari teknologi itu, anak tersebut bisa  menyaring kira-kira seberapa penting teknologi itu bermanfaat bagi dirinya. Seorang anak harus bisa menyaring dulu dampak yang timbul darinya sehingga ketika menggunakan teknologi itu sudah dapat mengerti dengan jelas hal-hal yang akan muncul setelah menggunakannya.
Dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi pada anak, orangtua mempunyai peran yang sangat besar. Perkembangan teknologi yang semakin tak terbendung menjadikan orangtua harus semakin peka terhadap pola aktivitas yang terjadi pada anak.












BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Dari hasil pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa, semua hasil pengembangan IPTEK khususnya dibidang teknologi informasi tersebut telah mampu mengatasi sebagian besar masalah manusia dalam berbagai macam kegiatan pemenuhan kebutuhan hidup. Di zaman yang modern ini semua serba instan, cepat dan tepat. Walaupun demikian, penyalahgunaan IPTEK juga sering dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab dalam kegiatan kejahatan, dan bahkan merusak diri sendiri dan sesama.
3.2.Saran
Dari hasil pembahasan dan kesimpulan di atas, maka penulis dapat memberikan tanggapan terhadap perkembangan teknologi melalui saran sebagai berikut :
1.      Perkembangan teknologi harus memberikan manfaat positif bagi kehidupan, terutama kalangan anak-anak
2.      Anak-anak harus menghindari adanya dampak negatif dari kemajuan teknologi yang sedemikian pesatnya



Daftar Pustaka
Arif, M. Syamsul. 2011. Makalah Dampak Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Perilaku Anak. Makalah. Program Studi Hukum Ti Etika Dan Profesi. Program Keahlian Bisnis Dan Industri. Universitas Negeri Malang. Malang.
Rikiyanto. 2011. Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Remaja. Skripsi. Fisip. Unad. Padang.
Martini, Yani. 2012. Menyikapi Dampak Teknologi. Http://Yannimartini.Blogspot.Com/2012/06/Menyikapi-Dampak-Teknologi.Html
Marpanaji, E. 2010. Menanamkan Perilaku Positif
Dalam Menggunakan Perangkat Ict. Bantul. Yogyakarta.
Fitrihana, Noor. 2010. Teknik browsing yang efektif untuk literasi informasi di internet. Uny. Yogyakarta.



0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲