Disusun
Oleh:
ENDAH WIDIYANINGSIH
KELAS : 1 / B
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN
GURU REPUBLIK INDONESIA
PACITAN
2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Teknologi informasi sudah ada sejak berabad – abad
lalu dan masih terus berkembang hingga saat ini. Teknologi informasi merupakan
salah satu hal yang tidak akan lepas dari kehidupan manusia. Teknologi ini
dimanfaatkan oleh berbagai kalangan masyarakat untuk mencari sumber informasi
dari seluruh dunia. Karena tanpa adanya teknologi informasi, manusia akan
kesulitan untuk saling berkomunikasi dan
menyampaikan informasi. (Fitrihana, 2010).
Hartono (1990) mengungkapakan bahwa informasi ibarat darah yang
mengalir di dalam tubuh organisasi sehingga jika suatu system kurang
mendapatkan informasi maka akan menjadi luruh, kerdil dan akhirnya mati. Tidak
mengherankan jika dewasa ini TI (Teknologi Informasi) berkembang demikian
pesat. Berbagai hardware dan software telah tercipta dan tersedia
dengan model dan harga sangat variatif untuk memenuhi kebutuhan informasi yang
lengkap, akurat, cepat, tepat, mudah dan murah yang mampu menembus batas ruang
dan waktu.
Internet merupakan sumber informasi global dimana seluruh komputer
tersambung ke dalam sebuah jaringan dan saling dapat tukar-menukar informasi.
karena sifat internet yang terbuka, maka ancaman dan gangguan juga akan semakin terbuka lebar peluangnya. Ancaman dan gangguan dapat terjadi terhadap sistem dan pengguna Internet. Acaman terhadap pengguna ICT atau Intenret lebih banyak kepada pengaruh mental dan moral pengguna. Misalnya, data elektronik memudahkan kita menyalin teks (proses copy) sehingga tugas-tugas yang diberikan guru merupakan hasil contekan teman lain atau inforamasi dari Internet. Masalah plagiasi karya tulis merupakan isu terbesar kibat adanya teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Selain itu, adanya berbagai macam situs hiburan serta layanan chating dapat memberikan dampak yang negatif bagi masyarakat, terutama bagi anak-anak. Koordinasi tawuran antar sekolah, dapat dilakukan dengan perangkat ICT dalam hal ini handphone. (Marpanaji,2011).
tersambung ke dalam sebuah jaringan dan saling dapat tukar-menukar informasi.
karena sifat internet yang terbuka, maka ancaman dan gangguan juga akan semakin terbuka lebar peluangnya. Ancaman dan gangguan dapat terjadi terhadap sistem dan pengguna Internet. Acaman terhadap pengguna ICT atau Intenret lebih banyak kepada pengaruh mental dan moral pengguna. Misalnya, data elektronik memudahkan kita menyalin teks (proses copy) sehingga tugas-tugas yang diberikan guru merupakan hasil contekan teman lain atau inforamasi dari Internet. Masalah plagiasi karya tulis merupakan isu terbesar kibat adanya teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Selain itu, adanya berbagai macam situs hiburan serta layanan chating dapat memberikan dampak yang negatif bagi masyarakat, terutama bagi anak-anak. Koordinasi tawuran antar sekolah, dapat dilakukan dengan perangkat ICT dalam hal ini handphone. (Marpanaji,2011).
1.2.Rumusan
Masalah
Dari uraian latar belakang tersebut rumusan masalah
yang dapat kita ambil adalah:
1. Apakah dampak positif dan negatif teknologi informasi bagi anak-anak?
2. Bagaimana cara menyikapi perkembangan teknologi informasi pada anak?
1. Apakah dampak positif dan negatif teknologi informasi bagi anak-anak?
2. Bagaimana cara menyikapi perkembangan teknologi informasi pada anak?
1.3.Tujuan
1. Mengetahui dampak positif dan negatif teknologi informasi bagi anak-anak
2. Mengetahui cara menyikapi perkembangan teknologi informasi pada anak
1. Mengetahui dampak positif dan negatif teknologi informasi bagi anak-anak
2. Mengetahui cara menyikapi perkembangan teknologi informasi pada anak
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Dampak Positif
dan Negatif Teknologi Informasi Bagi Anak-Anak
Teknologi Informasi memiliki beberapa dampak bagi
anak- anak. Dari hal tersebut dapat kita golongkan menjadi 2 golongan, yaitu
dampak positif dan dampak negatif.
2.1.1 Dampak
positif
1.
Membuat
anak semakin tertarik untuk belajar
2.
Dapat
menambah wawasan
3.
Memudahkan
anak-anak untuk mendapatkan banyak ilmu tambahan lewat internet
4.
Dapat
menjadi solusi bagi para orangtua yang memiliki anak yang merasa mudah bosan
untuk belajar
Hal
ini sesuai dengan pernyataan Arif (2011), adapun dampak positif teknologi
internet terhadap anak anak antara lain :
1. Anak-anak dapat menggunakan perangkat lunak pendidikan seperti
program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah,
geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini
kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan
materi, sehingga anak semakin suka.
1. Anak-anak dapat menggunakan perangkat lunak pendidikan seperti
program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah,
geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini
kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan
materi, sehingga anak semakin suka.
2.
Membuat
anak semakin tertarik untuk belajar.
3.
Dapat
menjadi solusi bagi para orangtua yang memiliki anak yang merasa
mudah bosan untuk belajar.
mudah bosan untuk belajar.
4.
Dapat
menambah wawasan.
5.1.1
Dampak negatif
Berbagai
dampak negatif dari teknologi internet telah kita ketahui, ketergantungan
terhadap teknologi informasi khusuhnya penggunaan internet telah menyita banyak
waktu bagi anak-anak ataupun remaja. Anak-anak
ataupun remaja rela mengahabiskan waktunya dan bolos sekolah atau kuliah yang
hanya untuk memainkan game online tersebut sehingga menyebabkan
aktivitas sekolah atau perkulihanya menjadi terganggu.
Selain itu adanya situs-situs yang ebrbau pornografi telah merusak akhal dan
moral anak-anak.
Hal
ini sesuai dengan pernyataan Arif (2011), adapun dampak negatif dari teknologi
internet terhadap anak anak antara lain :
1.
Anak-anak
bisa ketergantungan dengan teknologi informasi yang memadai
2.
Anak-anak
bisa saja secara tidak sengaja mengakses situs-situs pornografi
3.
Anak-anak
menjadi malas belajar
4.
Dapat
terpengaruh kedalam pergaulan yang tidak baik karena kurang control dari teman
ataupun dari orangtua
5.
Mengurangi
sifat social manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet
daripada bertemu secara langsung.
Rikiyanto
(2011) menyatakan bahwa seiring meningkatnya pengguna internet, khusunya game
online (pemain game), Seiring meningkatkan
para gamers (pemain game) terutama remaja yang memainkan game tersebut
rela mengahabiskan waktunya dan bolos sekolah atau kuliah yang hanya untuk
memainkan game online tersebut sehingga menyebabkan aktivitas sekolah
atau perkulihanya menjadi terganggu.
2.2. Menyikapi
perkembangan teknologi informasi pada anak
Memang tidak mudah menyikapi perkembangan teknologi
informasi secara menyeluruh. Tapi alangkah baiknya sebelum seorang anak
menggunakan hasil dari teknologi itu, anak tersebut bisa menyaring kira-kira seberapa penting
teknologi itu bermanfaat bagi dirinya. Seorang anak harus bisa menyaring dulu
dampak yang timbul darinya sehingga ketika menggunakan teknologi itu sudah
dapat mengerti dengan jelas hal-hal yang akan muncul setelah menggunakannya.
Dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi pada
anak, orangtua mempunyai peran yang sangat besar. Perkembangan teknologi yang
semakin tak terbendung menjadikan orangtua harus semakin peka terhadap pola
aktivitas yang terjadi pada anak.
BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Dari hasil pembahasan di atas maka dapat disimpulkan
bahwa, semua hasil pengembangan IPTEK khususnya dibidang teknologi informasi
tersebut telah mampu mengatasi sebagian besar masalah manusia dalam berbagai
macam kegiatan pemenuhan kebutuhan hidup. Di zaman yang modern ini semua serba
instan, cepat dan tepat. Walaupun demikian, penyalahgunaan IPTEK juga sering
dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab dalam kegiatan kejahatan,
dan bahkan merusak diri sendiri dan sesama.
3.2.Saran
Dari
hasil pembahasan dan kesimpulan di atas, maka penulis dapat memberikan
tanggapan terhadap perkembangan teknologi melalui saran sebagai berikut :
1.
Perkembangan
teknologi harus memberikan manfaat positif bagi kehidupan, terutama kalangan
anak-anak
2.
Anak-anak harus
menghindari adanya dampak negatif dari kemajuan teknologi yang sedemikian
pesatnya
Daftar
Pustaka
Arif,
M. Syamsul. 2011. Makalah Dampak Teknologi
Informasi Dan Komunikasi Terhadap Perilaku Anak. Makalah. Program Studi Hukum
Ti Etika Dan Profesi. Program Keahlian Bisnis Dan Industri. Universitas Negeri
Malang. Malang.
Rikiyanto.
2011. Pengaruh Game
Online Terhadap Perilaku Remaja. Skripsi. Fisip. Unad. Padang.
Martini, Yani. 2012. Menyikapi Dampak
Teknologi. Http://Yannimartini.Blogspot.Com/2012/06/Menyikapi-Dampak-Teknologi.Html
Marpanaji, E. 2010. Menanamkan Perilaku Positif
Dalam Menggunakan Perangkat Ict. Bantul. Yogyakarta.
Dalam Menggunakan Perangkat Ict. Bantul. Yogyakarta.
Fitrihana, Noor. 2010. Teknik browsing yang efektif
untuk literasi informasi di internet. Uny. Yogyakarta.
0 komentar:
Posting Komentar